DigitekNesia
Beranda Info Menarik Loyalty Program vs Diskon: Mana yang Lebih Efektif Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan?

Loyalty Program vs Diskon: Mana yang Lebih Efektif Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan?

Loyalitas pelanggan merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh suatu brand. Banyak pebisnis yang saat ini semakin gencar mengadakan loyalty program untuk pelanggan. Alasan utamanya loyalitas pelanggan dapat meningkatkan pendapatan bisnis.

Ketika pelanggan setia, mereka lebih cenderung akan tetap membeli produk dari brand yang sama. Selain itu loyalitas pelanggan juga akan memberikan feedback yang bermanfaat, dan mereka lebih mungkin untuk merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain. Ini semua membantu brand meningkatkan penjualan dan memperoleh pelanggan baru.

Loyalitas pelanggan juga membantu menurunkan biaya pemasaran dengan mengurangi jumlah budget yang dikeluarkan untuk mendapatkan pelanggan baru. Namun banyak brand yang masih bimbang lebih efektif mana antara loyalty program dengan diskon.

Baca Juga: Program Loyalitas Beserta Indikatornya Yang Wajib Diketahui!

Loyalty Program vs Diskon

Jika membandingkan mana yang lebih efektif antara loyalty program dengan diskon. Hal ini sebenarnya tergantung dari tujuan dan anggaran yang akan dialokasikan. Program loyalitas dapat memberikan kesan yang lebih positif daripada diskon. Namun diskon dapat memberikan hasil yang lebih cepat.

Jika pebisnis ingin berfokus pada pembangunan jangka panjang, program loyalitas dapat memberikan nilai yang lebih besar. Jika ingin segera meningkatkan pendapatan, maka diskon dapat menjadi pilihan yang tepat.

Manfaat Loyalty Program

Program loyalitas menawarkan manfaat yang lebih menguntungkan bagi suatu brand untuk menjaga loyalitas pelanggan dibandingkan memberikan diskon. Berikut adalah beberapa manfaatnya.

  • Pertumbuhan Pasar Berkelanjutan

Program loyalitas akan membantu bisnis mendapatkan pasar yang berkelanjutan. Pelanggan yang puas akan menjadi pelanggan yang setia. Mereka akan terus datang kembali untuk membeli produk dan layanan brand tersebut

  • Pelanggan merasa lebih dihargai

Melalui program loyalitas pelanggan merasa lebih dihargai karena mereka mendapatkan berbagai manfaat seperti diskon atau hadiah untuk pembelian tertentu, kesempatan untuk mengumpulkan poin, menukar hadiah, dan pengalaman yang lebih personal.

  • Mendapatkan Informasi Perilaku Pelanggan

Program loyalitas memungkinkan perusahaan untuk mengenal pelanggan lebih jauh dan membangun hubungan yang baik dengan mereka. Dengan mengetahui informasi tentang preferensi dan perilaku pelanggan, perusahaan dapat menyesuaikan layanan atau produknya untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Pada dasarnya diskon dapat menjadi salah satu bagian dari loyalty program. Anda dapat mulai merancang program loyalitas pelanggan yang disesuaikan dengan karakteristik produk atau konsumen Anda.

Komentar
Bagikan:

Iklan